Siswa SMP 5 Belajar di Eks Kantor Camat PDF Print E-mail
Tuesday, 20 August 2013 04:27
Ratusan Siswa Baru Tak Dapat Meja Belajar
MANADO— Antusiasme siswa untuk menimba ilmu di SMPN 5 Tuminting terbilang tinggi. Ini terbukti dengan membludaknya jumlah siswa yang mendaftar di tahun ajaran 2013/2014, dimana yang diterima melebihi kuota hingga 50 persen.
Saking banyaknya siswa baru yang diterima, banyak yang justru telantar dan harus diungsikan ke eks Kantor Camat Tuminting supaya bisa belajar. “Gedung sekolah sudah tak mampu menampung para murid. Terpaksa yang lainnya harus dipindahkan untuk belajar di gedung eks kantor camat,” ujar salah seorang guru yang enggan namanya dikorankan.

Tak hanya itu, aktivitas belajar mengajar di sekolah ini pun dikeluhkan sejumlah orang tua murid. Pasalnya, sekira 150 siswa baru tidak mendapatkan meja dan kursi untuk belajar.

“Sebenarnya, kuota untuk penerimaan siswa baru hanya 150 orang. Namun yang diterima tahun ini lebih dari 300 siswa. Jadi over kuota karena ada oknum mengaku LSM dan wartawan yang meminta uang kepada siswa dengan jaminan mendapatkan kursi dan meja. Tiap siswa diminta 150 ribu, namun sampai saat ini meja dan kursi tersebut tak kunjung ada,” ungkap guru tersebut.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Manado Dante Tombeg mengungkapkan, esok (hari ini, red) pihaknya akan turun langsung mengecek hal tersebut. “Memang setiap tahun ajaran baru kami memberikan bantuan 150 kursi dan meja kepada pihak sekolah. Pengadaan kursi dan meja tersebut tertata APBDP, jadi mungkin realisasinya nanti September mendatang,” terang Tombeg. “Namun, tidak dibenarkan jika pihak sekolah membebankan pengadaan kursi dan meja kepada siswa,” tegas Tombeg.

Sayang, Kepala SMP N 5 Manado Dra Threesje Taroreh MMPd ketika dikonfirmasi di nomor 0852989875xx enggan memberikan komentar. (tr-03)

Komentar

Postingan Populer